Tips Mengembalikan Mental Ayam Petarung Usai Kalah Beradu

Tips Mengembalikan Mental Ayam Petarung Usai Kalah Beradu

sabungayamindonesiaku.org – Tips Mengembalikan Mental Ayam Petarung Usai Kalah Beradu, Bagi pertarungan adu ayam pasti ada kalah dan menang, Bagi ayam yang kalah saat bertarung memiliki kemungkinan trauma yang berat bagi ayam petarung menjadi tidak bersemangat dan mudah sakit.

Bahkan yang lebih parah terkadang sang ayam bisa menjadi sangat trauma mentalnya saat bertemu dengan ayam petarung lainnya meski tidak bertarung. Pasca bertarung bagi sebagian ayam menjadi tidak bersemangat dan menjadi menurun agresifnya.

Untuk membangkitkan mental ayam petarung usai kalah dalam pertarungan tidaklah mudah, ayam petarung yang mentalnya telah turun biasangan disebut dengan ayam leres. Istilah ini biasanya untuk atam yang trauma akibat kalah bertarung atau faktor gen keturunan.

Sebenarnya kondisi ayam leres ini adalah ayam petarung sudah tidak memiliki kepercayaan diri lagi dan takut untuk bertarung kembali dalam arena sabung ayam. Kalau ayam bangkok petarung tersebut tetap turun ke arena, pertarungan juga tidak akan bertahan lama. Jika telah mengenai pukulan pada ayam lawan maka akan langsung berlarian.

Baca juga : Perawatan Bagi Ayam Aduan Usai Bertarung

Ada beberapa tips untuk mengembalikan mental ayam bangkok petarung usai kalah beradu di arena. Tips yang biasa digunakan banyak bebotoh adalah melakukan pengurungan selama 2 minggu hingga 5 minggu di dalam kandang. Jauhkan kandang dari ayam aduan lainnya dan pastikan ayam leres berkumpul dengan ayam betina lainnya. Jangan lupa rutin memberikan pakan yang bergizi dan pastikan kandang dalam keadaan bersih.

  1. Membiarkan lepas ayam leres dengan ayam betina, jangan membiarkan lepas bersama ayam jago yang lain. Jika ada ayam jago dengan ukuran kecil juga tak menjadi masalah jika dibiarkan lepas.
  2. Dekatkan dengan ayam jago yang sudah berani berkokok tapi belum dapat bertarung. Hal ini dilakukan agar ayam bangkok petarung mendapatkan kepercayaan dirinya kembali. Jika kepercayaan dirinya telah timbul maka akan ada pertarungan kecil, maka biarkan ayam jago tersebut dipukul.
  3. Setelah dikira mental ayam perlahan telah kembali, maka bebotoh dapat memberikan latihan harian dan latihan bertarung yang masih lemah. Setelah terus meraih kemenangan dari pertarungan dari ayam lainnya akan membangkitkan mental tarungnya dalam arena sabung ayam. Lakukan pertarungan terus menerus hingga dapat dipastikan mental ayam bangkok petarung telah pulih normal.
  4. Jangan lupa saat masa membangkitakn mental ayam, anda juga harus memberikan jamu-jamu yang bermanfaat mempercepat menaikkan mental ayam. Perawatan yang rutin akan mempercepat proses pemulihan pada ayam.

Related posts