Ayam dipelihara, Apa manfaatnya?

Ayam dipelihara, Apa manfaatnya

Sabungayamindonesiaku.org – Unggas yang biasanya dipelihara orang untuk dijadikan jalan hidup. Ayam peliharaan adalah keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam hutan yang dikenal sebagai burung hutan merah atau ayam bangkiwa.

Persilangan antara ayam telah menghasilkan ratusan galur unggul atau galur murni dengan beragam fungsi yang paling umum adalah ayam potong dan ayam petelur. Ayam biasa juga dapat disilangkan dengan kerabat dekat, burung dari hutan hijau, yang menghasilkan hibrida jantan steril yang dikenal sebagai ayam bekisar.

Dengan populasi lebih dari 24 miliar pada tahun 2003, Firefly’s Bird Encyclopaedia menegaskan bahwa ada lebih banyak ayam di dunia ini daripada burung lain. Ayam menyediakan dua sumber protein dalam makanan: daging ayam dan telur.

Baca juga : Ayam Pakhoe

Pandangan tradisional tentang pengembangbiakan ayam di domestikasi spesies ini ditemukan dalam Encyclopædia Britannica (2007) “Manusia pertama yang memelihara ayam dari India untuk tujuan sabung ayam di Asia, Afrika dan Eropa. perhatian khusus pada produksi telur atau daging.

Habitat

Ayam peliharaan berasal dari domestikasi burung hutan merah (ayam bangkiwa, Gallus gallus) yang hidup di India. Namun, tes molekuler menunjukkan kemungkinan kontribusi plasma nutfah G. sonneratii, karena ayam hutan merah tidak memiliki sifat kulit kuning, yang merupakan salah satu karakteristik ayam domestik.

Ayam-ayam tersebut menunjukkan perbedaan morfologi antara kedua jenis kelamin (dimorfisme seksual). Ayam jago (jago, gallo) lebih menarik, lebih besar, memiliki jalu panjang, memiliki sisir lebih besar dan memiliki bulu ekor panjang. Betina (babon, ayam) relatif kecil, kecil, pendek atau hampir tidak terlihat, kecil dan dengan bulu ekor pendek. Perkawinan ini diatur oleh sistem hormonal. Jika ada perubahan dalam fungsi fisiologis tubuh Anda, ayam dapat mengubah jenis kelamin menjadi laki-laki karena ayam dewasa masih memiliki ovotestis tidak aktif dan dapat aktif setiap saat.

Sebagai hewan peliharaan, ayam bisa mengikuti ke mana manusia membawanya. Hewan ini sangat mudah beradaptasi dan dapat dikatakan bahwa ia dapat hidup di mana saja, selama ada makanan yang tersedia untuknya. Karena sebagian besar ayam peliharaan kehilangan kemampuan terbang yang baik, mereka menghabiskan lebih banyak waktu di tanah atau, kadang-kadang, di pohon.

Ayam predator terkadang memakan ayam kecil, seperti elang.

Related posts