Asal Mula Sabung Ayam

Asal Mula Sabung Ayam

sabungayamindonesiaku – Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata ayam laga di berbagai tempat. Ayam laga ini juga dinamakan sabung ayam yang artinya dua ekor ayam jantan akan bertemu di sebuah arena. Bagi yang belum tahu asal mula sabung ayam, yuk simak terus artikel dibawah ini untuk mengetahuinya.

Sabung ayam adalah permainan adu dua ekor ayam dalam sebuah kalangan atau arena. Biasanya ayam yang diadu hingga salah satu kabur atau kalah, bahkan hingga mati. Permainan ini biasanya diikuti oleh perjudian yang berlangsung tak jauh dari arena adu ayam.

Permainan menyabung ayam disebut juga sebagai berlaga ayam. Permainan ini sudah dimainkan sejak kerajaan Demak. Di salah satu cerita rakyat, seorang pangeran bermain sabung ayam dan bertemu ayahnya yang telah membuang ibunya.

Mempelajari sejarah sabung ayam, maka kita akan mempelajari kembali Era Klasik. Sebelum menjadi salah satu jenis olahraga pertarungan, ayam dianggap sebagai binatang yang mengagumkan dan menggambarkan rasa hormat pemiliknya. Pertarungan ayam di Era Klasik, dianggap sebagai subyek ibadah. Bangsa suriah kuno menjadikan ayam sebagai sesembahan.

Contoh sesembahan kuno; Sabung ayam diadakan di kuil-kuil dan ayam yang mati kalah tarung siap untuk disajikan kepada para Dewa. Ayam itu akan ditempatkan di kuali emas, direndam dalam gusi dan rempah-rempah. Kemudian, diletakkan di mezbah untuk dibakar, dan sisa abu pembakaran dimasukkan dalam guci/pot emas. Sedangkan bangsa Yunani dan Romawi kuno mengaitkan pertarungan ayam dengan kekuatan dewa.

Related posts